Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, Dr. H. Muhammad Syafi’i A. Basalamah, SE.,MM. melakukan benchmarking di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) Turkiye.

Kegiatan ini rangkaikan kunjungan Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH., MH. dalam penandatanganan kerjasama antara UMI dengan IZU yang berlangsung di Rektorat IZU, Halkalı Merkez, İstanbul, Turki, Kamis, 23 Mei 2024.

Dekan FEB, Dr. H. Muhammad Syafi’i A. Basalamah, SE.,MM., disela kegiatan mengatakan bahwa benchmarking Kurikulum dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berlaku di FEB UMI sekaligus sharing serta mengumpulkan informasi terkait teknis pelaksanaan dan pengelolaan program internasional di Fakultas Ilmu Bisnis dan Manajemen IZU.

Lanjut dikatakan, FEB UMI sebagai fakultas yang memiliki 4 program studi dengan akreditasi UNGGUL, tengah mempersiapkan akreditasi internasional untuk seluruh program studi.

Salah satunya ikhtiar yang dilakukan yaitu dengan melakukan benchmarking di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) di Istanbul Turkiye.

“Benchmarking ini salah satu tujuannya adalah upaya persiapan akreditasi internasional untuk seluruh program studi di FEB UMI, ujar alumni Doktor Ilmu Manajemen Universitas Brawijaya ini.

Sementara itu, Vice Rector IZU Turkey, Prof Ismail, mengaku, pihaknya menyambut baik kerjasama antara kedua institusi yang mewakili dua negara ini. VR IZU ini juga mengatakan bahwa IZU saat ini memiliki lebih dari 2000 mahasiswa asing yang berasal dari lebih dari 90 negara.

Prof Ismail juga menyampaikan bahwa nama IZU berasal dari nama Prof Sabahattin Zaim, seorang tokoh ekonomi Islam yang ternama.

“Selamat datang delegasi dari UMI. Kami menyambut dengan baik upaya-upaya komunikasi kerjasama antara kedua perguruan tinggi. Saya berharap suatu hari juga akan berkunjung ke UMI untuk memperdalam diskusi-diskusi ini.” bebernya.

Selain melaksanakan benchmarking, Dekan FEB UMI juga narasumber dalam Bilateral Conference yang diprakarsai Edutolia Education di IZU University dengan presentasi hasil penelitian “The Urgency Of Information Technology For Higher Education And Future Business Practices”.

Dalam konferensi tersebut juga dihadiri mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Turkiye di berbagai Universitas di Turkiye