Sosialisasi Pelaksanaan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Tingkat Universitas Muslim Indonesia di FEB UMI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia gelar Sosialisasi Pelaksanaan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Tingkat Universitas Muslim Indonesia. Kegiatan tersebut bertempat di Aula Prof. Dr. Abdurahman Basalamah, Lantai 2 Gedung NB FEB UMI. (06/07/21)

Dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor I UMI, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM. Beliau menguraikan bahwa Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi, lanjutnya.

“Program utamanya yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi.” Tutup Hanafi.

Tim Sosialisasi, Dr. Ir. H. Mais Ihsan, M.Si. menjelaskan bahwa dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman.

“perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan” jelasnya.

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi: Pertukaran Pelajar, Magang / Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Membangun Desa/KKN Tematik.

Kegiatan sosisalisasi tersebut berjalan dengan lancar, dihadiri oleh pimpinan & dosen FEB UMI. Turut mendampingi Wakil Rektor I UMI, Dekan FEB UMI, Prof. Dr. H. Mahfudnurnajamuddin, SE.,MM.,CRA.,CRP. dan Wakil Dekan I FEB UMI, Dr. H. Mapparenta, SE.,M.Si.