Gelar Yudisium, Dekan FEB UMI : Hendaklah Memiliki Sifat Seperti Tanaman Padi di Sawah

Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Yudisium Kolektif & Penggelaran Sarjana Periode 1 Tahun 2021 Via teleconference Zoom. Kamis (08/04/21).

Mewakili Rektor, Wakil Rektor V Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Muh. Hatta Fattah, M.Si. menyampaikan selamat atas yudisium tersebut.

“Mewakili Bapak Rektor, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada anak-anakku peserta yudisium dan selanjutnya akan diwisuda.

Mudah-mudahan dengan ilmu yang Ananda miliki memudahkan ananda mencari atau membuka pekerjaan serta menolong orang yang membutuhkan.

Selanjutnya, dalam sambutannya Dekan FEB UMI, Prof. Dr. H. Mahfudnurnajamuddin, SE.,MM. menguraikan :

“Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT dengan Rahmat dan Inayahnya sehingga kita masih bisa melaksanakan yudisium meskipun secara online”

Mahasiswa aktif FEB UMI sebanyak 2.916 orang, yang terdiri dari program studi ilmu ekonomi & studi pembangunan (IESP) sebanyak 183 orang, program studi manajemen sebanyak 1.637 orang dan program studi akuntansi sebanyak 1.060 orang serta PPAk 30 Orang, sehingga jumlah Alumni untuk FEB UMI sampai sekarang yaitu sebanyak 22.976 orang.

Gelar kesarjanaan di FEB yang sebelumnya semua bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.) sekarang mengikuti keputusan Menteri Pendidikan.” Ucapnya.

Untuk Program Studi Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan (IESP) diberi gelar Sarjana Ekonomi disingkat (S.E.) Program Studi Manajemen diberi gelar Sarjana Manejemen disingkat (S.M.) dan Program Studi Akuntansi diberi gelar Sarjana Akuntansi disingkat (S.Ak.) serta Pendidikan Profesi Akuntansi diberi gelar Akuntan disingkat (Ak.)” Jelas Prof. Mahfud.

“Sudah menjadi sunnatullah dalam kehidupan di dunia ini ada saat kita bertemu dan ada pula saat kita berpisah.

Pada siang hari ini adalah hari yang sangat bersejarah kepada anak-anakku. Karena hari ini adalah hari terakhir anak-anakku secara formal berstatus sebagai mahasiswa FEB UMI dan pada hari ini juga, kamis 8 April 2021 kami secara resmi melepas status anak-anakku dari mahasiswa menjadi Alumni.”

“kami atas nama pimpinan serta seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI mengucapkan selamat kepada anak-anakku atas keberhasilan dalam menyelesaikan studi di FEB UMI.

“Pesan kami setelah mendapat gelar sarjana hendaklah anak-anakku memiliki sifat seperti tanaman padi di sawah, yang semakin berisi akan semakin menunduk”

“Yaitu dengan gelar kesarjanaan yang ananda peroleh hendaklah tawadhu dan rendah hati, tidak menyombongkan diri, tidak merasa angkuh, senantiasa menghargai semua orang dan tidak menganggap remeh orang lain. Dan ini merupakan amanah dalam Agama kita yang harus kita jalankan, sesuai QS. Luqman Ayat 18 yang artinya :

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri”

Akhir kata, selamat jalan dan selamat berprestasi untuk anak-anakku.