Profil

Pendidikan Profesi Akuntansi (selanjutnya disingkat  PPAk) sebagai bagian integral dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia (selanjutnya disingkat PPAk UMI), berkewajiban untuk mewujudkan visi-misi institusi melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, visi-misi  PPAk FEB-UMI dikembangkan berdasarkan visi, misi dan tujuan institusi secara kelembagaan dengan mempertimbangkan/menerima berbagai masukan/informasi tentang aspek-aspek spesifik yang relevan dengan penyelenggaraan pendidikan bidang studi Akuntansi yang diperoleh dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal.

Visi Program Profesi Akuntansi

Menjadi  Program Pendidikan Profesi Akuntan Profesional, Bereputasi Dan Berdaya Saing Nasional Berbasis pada Nilai-nilai ke-UMI-an Pada Tahun 2023

  1. Bereputasi berarti PPAk Universitas Muslim Indonesia secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki daya saing di bidang Akuntansi, di tingkat Nasional yang berwawasan global. Dengan bereputasi ini,  PPAK Universitas Muslim Indonesia diarahkan menjadi lembaga pendidikan yang unggul.
  2. Berwawasan ke-UMI-an berarti dalam melaksanakan proses pembelajaran, PPAK Universitas Muslim Indonesia berlandaskan: (1) mengabdi dengan ikhlas dan amanah atas dasar keimanan dan ketaqwaan sebagai wujud kaherah ummah, (2) selalu berzikir dan bersyukur atas nikmat Allah SWT atas apapun yang diperoleh, apanpun, di manapun, dan dalam keadaan apapun sebagai wujud manusia ululalbab, (3) memperkokoh dan memperkuat kebersamaan (jama’ah) dengan melakukan pembagian amanah/kewenangan yang adil, ihsan dan bertanggung jawab, (4) pendekatan akhlakul-karimah kepada segenap pemangku kepentingan (stakeholder), (5)  pembelajaran dan pengajaran berorientasi mutu untuk melahirkan manusia yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlakul karima dan berdaya saing tinggi, (6) semua program dan kegiatan bermuara pada kemaslahatan ummat (rahmatan lilalamin).

Misi Program Profesi Akuntansi

Misi  PPAk FEB-UMI Yakni Untuk Mendidik Dan Mempersiapkan Lulusan Yang Memiliki Kemampuan :

  1. Menyelenggaran pendidikan profesi akuntansi yang mampu menghasilkan akuntan profesional yang mempunyai kompetensi dan integritas serta beretika.
  2. Menjalin Kerjasama dengan unit usaha dan instansi pemerintah serta pihak lainnya yang berkelanjutan, baik tingkat regional maupun nasional.
  3. Menerapkan nilai-nilai keUMIan dalam proses pembelajaran profesionalisme akuntansi.

 

Tujuan Program Profesi Akuntansi

Menyelenggarakan pendidikan  Profesi Akuntan yang:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesionalisme akuntansi sebagai dasar penguasaan kompetensi (kemahiran dan keterampilan) akuntansi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis masalah-masalah akuntansi kontemporer pada unit usaha dan pemerintah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan daya saing regional dan nasional yang dilandasi dengan nilai-nilai ke-UMIan.